Sabtu, 02 September 2017

Titik Pijat & Cara Memijat Ibu Hamil Yang Benar

Sahabat titik-pijat.com Kalau sebagian orang awam yang gak tau cara pemijatan yang benar pada ibu hamil, maka akibatnya membuat vatal untuk bumil dan si janin, dan bisa mengakibatkan keguguran kalau salah pijat. Kebanyakan orang memijat pada kaki yang gak tau urat syaraf, Karena rata-rata bumil itu kakinya bengkak, begitu juga yang dialami istri saya.




Image result for cara memijat ibu hamil






pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang, Mengapa pijat ibu hamil diperlukan? Bumil pasti punya rasa tidak nyaman selama awal kehamilan hingga sembilan bulan ke depan, Suami siaga bukan berarti hanya menjaga saat istri hendak melahirkan saja, namun juga menjaganya untuk selalu nyaman, termasuk saat hamil muda. Salah satunya dengan melakukan pijat ibu hamil yang dapat melancarkan sirkulasi darah serta mendorong rasa nyaman pada tubuh dan pikiran selama proses kehamilan.

Pijat ibu hamil dapat melenturkan otot-otot kaku karena adanya tekanan pada perut serta berkurangnya asupan oksigen bagi si ibu. Maka kali ini saya akan berikan cara memijat bumil yang benar, sebelum itu saya akan jelaskan aturan pemijatan sesuai usia kandungan, Silahkan simak penjelasan saya dibawah ini.



Aturan pemijatan sesuai usia kandungan
  1. Usia kandungan ibu harus di atas tiga bulan, atau lebih aman bila usia kandungan sudah menginjak trimester dua ketika kondisi kehamilan sudah kuat.
  2. Lakukan Spa dengan posisi miring atau telentang, tidak boleh telungkup seperti pada Spa biasa.
  3. Pastikan tekanan tangan pada saat membaluri dan me-massage tubuh harus tepat, tidak boleh terlalu kencang.
  4. Hindari berendam di bathtub, ganti dengan shower. Mandi uap atau body steam juga sebaiknya ditunda dulu karena dikhawatirkan ibu mengalami kontraksi. Sebagai gantinya, ibu dapat menjalani body compress,
  5. Jika ingin memijat telapak kaki, pijatan diarahkan dari daerah tengah telapak sampai ke depan, mengingat titik refleksi ke bagian perut ada di daerah telapak kaki dari tengah ke tumit.



Cara Pemijatan Sesuai Area

  • Pijat nyeri punggung  caranya, Anda bisa memulai pemijatan dengan memijat tengkuk istri secara perlahan dan dengan gerakan ke bawah lakukan pijatan sampai ke daerah pinggul. Kemudian, kembali ke leher dengan mengambil arah berlawanan dari tulang belakang. Setelahnya lakukan gerakan dari luar ke dalam saat memijat daerah tulang belakang.

  • Pijat area perut caranya, Pastikan posisi tubuh istrimu tidak berbaring telentang saat kamu melakukan pijatan pada perutnya, terutama jika durasi pemijatan berlangsung lama. Berbaring telentang terlalu lama saat kandungan telah memasuki trimester kedua bisa membuatnya menjadi lemas sekaligus mengganggu aliran darah ke janin.

    Posisi istri yang disarankan yaitu berbaring di sisi kiri tubuhnya. Taruh bantal di bawah perut, belakang punggung, dan di antara kedua lututnya. Selain posisi tersebut, kamu juga bisa menyuruh istrimu untuk duduk di lantai atau tempat tidur.

    Setelah itu kamu bisa mulai memijatnya. Gosok-gosokkan kedua telapak tanganmu agar lentur saat melakukan pijatan. Tuangkan minyak secukupnya ke telapak tangan, lalu gosok-gosok kembali kedua telapak tanganmu untuk memberi sensasi hangat saat menyentuh kulitnya.

    Kamu bisa mulai memijat sisi samping perutnya, dan secara perlahan, gerakkan tanganmu ke bagian tengah. Lalu, secara bertahap pindahkan tanganmu ke bawah menuju tulang kemaluannya, lalu telusuri setiap sisi pangkal paha, kemudian kembali ke atas ke bagian sisi kanan dan kiri perutnya. Gunakan tekanan yang lembut saat memijat perutnya. Jangan  menekan perutnya dengan keras.

    Ulangi gerakan di atas, namun kali ini, kamu bisa menambah area pijatan ke area payudaranya. Dimulai dari bagian atas lalu turun menelusuri setiap sisinya. Terakhir, kamu bisa memijat seluruh area perutnya.


  • Pijat daerah bokong caranya, anda juga bisa mengurangi ketegangan pada daerah bokong istri dengan cara melakukan pijat bokong. Caranya adalah dengan menekan bagian tulang di dasar tulang belakang dan bokong dengan menggunakan kepalan tangan, Lakukan dengan lembut dan perlahan. Kemudian ulangi hingga pijatan sampai di area pinggul.

  • Pijat daerah kaki caranya, perlu diketahui bahwa daerah kaki merupakan bagian yang paling sering merasa kelelahan karena merupakan tumpuan dari berat badan ibu hamil yang semakin meningkat. Maka Anda jangan melupakan pemijatan di daerah kaki. Caranya minta istri berbaring atau duduk, biar dia yang pilih posisi mana yang nyaman untuknya. Kemudian, pijat dengan lembut bagian luar kakinya. Beri sedikit remasan di sepanjang bagian luar paha dan betis. Pada daerah mata kaki, lakukan gerakan melingkar.

  • Pijatan menggunakan Teknik lutut caranya, cara ini dilakukan untuk membantu istri merilekskan perutnya terhadap adanya tekanan yang terlalu berat pada daerah perutnya. Minta istri Anda untuk berlutut di samping tempat tidur dengan bahu disandarkan di tempat tidur. Letakkan satu atau dua bantal di bawah lutut sebagai penyangga dan merasa lebih nyaman kemudian pastikan daerah perut bebas dari tekanan. Biarkan istri Anda yang menentukan tingkat kenyamanannya.

  • Pijat daerah tangan dan kaki caranya, anda bisa melakukan pemijatan di daerah tangan dan kaki untuk membantu mengurangi pembengkakan pada area ini. Tujuannya untuk melancarkan peredaran darah di jari-jari kaki, tangan, dan pergelangan tangan. Mulailah dengan memijat secara perlahan dari jari-jari tangan sampai kelengan atas dan jari kaki sampai ke daerah kaki bagian atas. Pegang kakinya sementara istri berbaring telentang dan dengan lembut memijat kakinya dengan menggunakan ibu jari Anda.

  • Pijat daerah bahu caranya, minta istri Anda duduk dengan posisi terbalik menghadap kursi. Buka tangan Anda lebar-lebar dan letakkan pada bahu isti Anda. Gunakan ibu jari Anda dan lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar pada daerah bahu. Awali dengan gerakan melingkar dengan tekanan yang lembut, kemudian setiap menitnya lakukan dengan tekanan yang meningkat.


Disarankan untuk tidak memijat istrimu ketika kandungannya masih berada di trimester pertama (3 bulan pertama). Alasannya adalah wanita yang hamil pada trimester ini rentan mengalami keguguran.

Ayo, jadilah suami siaga yang siap menjaga istrimu lebih ekstra saat dirinya sedang hamil. Selain bermanfaat bagi istri dan janin, pijatan ini juga bisa membuat hubunganmu dengan istri menjadi lebih hangat, lho!

Demikian penjelasan singkat tentang Titik Pijat & Cara Memijat Ibu Hamil Yang Benar. Kunjungi terus  titik-pijat.com untuk mendapatkan info terbaru tentang berita kesehatan terupdate dan terkini. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.