Jumat, 29 September 2017

Kota Malang Terjangkit HIV/AIDS

titik-pijat.com Malang adalah Kota pendidikan, diasan merupakan gudang ilmu karena banyaknya kampus-kampus yang megah dan menjulang tinggi. Disitulah juga q menimba ilmu hingga jenjang S1. Tapi minggu-minggu ini tercium kabar yang tak sedap. yang dilansir dari liputan6.com pada tanggal 29/09/2017, bahwa jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Malang, Jawa Timur, dari tahun ke tahun terus bertambah, dan sekarang mencapai sekitar 3.800 penderita, bahkan menempati urutan kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, miris gak sobat,? ya jelas miris, wong kota pendidikan kok terkena HIV terbesar setelah SBY.



Image result for hiv malang

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Asih Tri Racmi Nuswantari, Kamis, mengatakan jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) itu tidak bisa disebut meningkat. "Kasus HIV/AIDS ini seperti fenomena gunung es, artinya jumlah itu merupakan hasil temuan," kata Asih di Malang, Jawa Timur.
Ia mengatakan bisa saja penderita HIV/AIDS ini tidak ditemukan pada tahun-tahun sebelumnya dan baru ditemukan tahun ini. Temuan baru kasus ODHA tersebut memberi harapan bagi petugas kesehatan. Dengan mengetahui keberadaan ODHA, petugas bisa melakukan pemantauan untuk menjaga kualitas hidup ODHA.

ODHA, lanjutnya, bisa tetap survive dengan berbagai upaya, diantaranya dengan pemberian antiretroviral (ARV). Selain itu, keberadaan klinik VCT di puskesmas dan sejumlah rumah sakit di Kota Malang membantu ODHA untuk melakukan konsultasi, termasuk pendampingan.


Image result for hiv malang
 

"Masyarakat pun bisa melakukan pemeriksaan atau tes di klinik VCT ini, semakin cepat diketahuinya penderita HIV/AIDS akan semakin cepat pula bisa dipantau dan ditangani," ujarnya. 

Demikian penjelasan singkat tentang Kota Malang Terjangkit HIV/AIDS. Kunjungi terus  titik-pijat.com untuk mendapatkan info terbaru tentang berita kesehatan terupdate dan terkini. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. Semoga bermanfaat.!!!