Selasa, 29 Agustus 2017

Tips Mengolah Daging Qurban Agar Tetap Sehat & Aman Dikonsumsi

titik-pijat.com Hari raya Idul Adha atau juga dikenal dengan Hari Raya Qurban tanpa terasa sebentar lagi tiba,,duh betapa senangnya kita bisa menikmati daging kurban secara gratis, daging mahal lo sob?? saya beli satu ons aja 25ribu.hemm nyammiii...

Hari raya Qurban merupakan hari besar Islam kedua setelah hari raya Idul Fitri bagi kaum muslimin dan muslimat . Sesuai tradisi, hari raya Qurban di Indonesia disemarakkan oleh berbagi daging qurban yang nyaris setiap warga muslim mendapatkannya.

Bisa dikata, pada hari raya Qurban ini, ada acara makan daging massal seIndonesia meski tanpa ada komando. Wajar, karena telah menjadi tradisi. Pada hari raya ini, setiap keluarga bisa memasak daging dengan masakan apa saja.



Image result for cara sehat daging kurban
 



Memisahkan Daging dan Jeroan
Di antara kesalahan yang kerap terjadi adalah mencampur antara daging dengan jeroan. Jeroan yang dicampur akan mengakibatkan kontaminasi pada daging, menimbulkan bau dan mengotori daging. Daging yang dicampur dengan jeroan akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, seharusnya dipisahkan antara daging dan jeroan mulai dari pembersihan, penyimpanan, maupun saat pengolahan.

 
Menyimpan Daging dengan Benar
Daging yang tidak segera dimasak harus disimpan dengan cara yang benar agar tetap segar. Caranya adalah dicuci bersih dengan air yang mengalir. Diusahakan dicuci dengan air yang bersih, baik air sumur maupun air PAM. Setelah dicuci bersih, daging bisa disimpan di freezer.

 

Mengolah Secara Higienis
Dalam mengolah daging kurban, kebersihan pisau dan alat-alat lain yang digunakan harus diperhatikan. Cuci terlebih dahulu alat-alat yang digunakan hingga bersih. Pisahkan antara daging dan jeroan, cuci secara terpisah. Saat memasak, hendaknya memasak daging hingga benar-benar matang. Hal ini untuk menghindari kuman yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan yang diolah setengah matang, ada kemungkinan masih mengandung kuman dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. 



Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Daging
Sesuatu yang berlebih-lebihan tidak baik bagi tubuh kita. Termasuk berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi daging. Walaupun daging merupakan sumber proteindan lemak serta kaya akan mineral yang penting untuk tubuh, namun bila dikonsumsi berlebihan juga akan menyebabkan bahaya kesehatan bagi tubuh. Mengkonsumsi daging berlebihan akan meningkatkan kolesterol jahat yang merugikan tubuh. Hal ini berbahaya terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung.

Perhatikan pula saat makan yang tepat. Hindari makan daging berelebihan di malam hari. Pada malam hari biasanya sangat sedikit melakukan aktivitas yang dapat membakar kalori sehingga kalori dari nasi dan daging yang dimakan hanya akan mengendap. Hindari juga kebiasaan langsung tidur setelah makan malam. Jarak minimal untuk tidur adalah satu jam setelah makan.
 


Perbanyak Minum Air Putih Serta Konsumsi Buah dan Sayur
Air putih dapat memperlancar pencernaan dan membantu membuang racun-racun dalam tubuh. Sayur dan buah juga dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk. Selain dapat memakan buah-buahan pencuci mulut, bisa juga menyisipkan lalapan sayuran seperti mentimun atau tomat dalam hidangan daging kambing atau sapi.


Demikian penjelasan singkat tentang  Tips mengolah daging kurban agar tetap sehat dan aman. Kunjungi terus  titik-pijat.com untuk mendapatkan info terbaru tentang berita kesehatan terupdate dan terkini. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.