Jumat, 11 Agustus 2017

Posisi Tidur Yang Baik ALa Rosulullah

titik-pijat.com Tidur merupakan hal penting bagi kesehatan. Posisi yang salah dapat menyebabkan tidur jadi tidak nyenyak dan sakit leher. Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur.
 Image result for posisi tidur yang baik menurut islam




Rasulullah Muhammad saw senantiasa memperlakukan tidur dengan etika yang baik. lha inilah cara tidur yang baik menurut ajaran Rasulullah SAW. Berikut ini beberapa etika tidur yang sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana yang terdapat di dalam hadits-hadits Rasulullah Muhammad saw:

1. Berwudhu ketika akan tidur
“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

2. Membaca doa akan tidur
Rasulullah Muhammad saw jika mau tidur berdoa, “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa” (Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup). Bila bangun tidur berdoa, “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.” (HR. Muslim)


3. Miring ke sebelah kanan
Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, “Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan“.

4. Meletakkan tangan di bawah pipi sebelah kanan
“Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

5. Membaca surat surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas
Aisyah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw berbaring di tempat tidurnya, beliau kumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya dan dibaca pada keduanya surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudian disapunya seluruh badan yang dapat disapunya dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepalanya, mukanya dan bagian depan dari badannya. Beliau lakukan hal ini sebanyak tiga kali.” (HR. At Tarmidzi)

6. Tidurlah di awal malam
“Beliau saw tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam.” (Mutafaq ’Alaih). “Bahwasanya Rasulullah Muhammad saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235))

7. Tidak tidur dengan posisi telungkup (tengkurap)
“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

8. Berdoa ketika bangun tidur
“Rasulullah Muhammad saw jika mau tidur berdoa, “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa” (Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup) Bila bangun tidur berdoa, “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.” (HR. Muslim)

9. Mengusap Bekas tidur
“Maka bangunlah Rasulullah Muhammad saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya” (HR. Muslim No. 763 (182)

10. Beristinsyaq, beristintsaar dan bersiwak ketika bangun tidur
Beristinsyaq dan beristintsaar adalah menghirup kemudian mengeluarkan atau menyemburkan kembali air dari hidung. “Apabila Rasulullah Muhammad saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Al Bukhari No. 245 dan Muslim No. 255)


Demikianlah Rasulullah Muhammad saw menunaikan hak-hak tidur yang telah diberikan Allah swt kepadanya. Dan sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah swt dan Rasulullah Muhammad saw, maka sudah sepatutnya umat muslim menunaikan nikmat tidur tersebut sebagaimana yang telah dicontohkan dan diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Selanjutnya cara mengatasi gejala-gejala dibawah ini, bisa dicoba teknik berikut ini. Posisi tidur yang tepat bisa membantu meringankan masalah kesehatan tertentu. Inilah beberapa posisi tidur yang baik bagi kesehatan. 


1. Mulas
Mulas merupakan kondisi yang sangat mengganggu dan dapat menyerang siapa saja. Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah tidur di sisi kiri. Ini dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk mulas.


2. Masalah sinus
Infeksi sinus dapat dipengaruhi secara oleh cara tidur Anda. Tidur dengan kepala tinggi bisa menghalangi lendir dari penyatuan sinus.


3. Sakit kepala
Cara tidur bisa meringankan sakit kepala atau memperburuk keadaan. Sebagian besar sakit kepala muncul akibat leher tertekuk saat sedang tidur. Kelilingi kepala dengan bantal, sehingga Anda tidak terlalu memutar kepala.


4. Sakit Bahu
Untuk mengatasi nyeri bahu, disarankan untuk tidur di sisi bebas rasa sakit Anda. Selain itu, tekuk kaki Anda sedikit. Selanjutnya, pegang bantal ke arah dada Anda atau letakkan di antara kedua lutut.

Cobalah posisi tidur diatas, jika Anda mengalami masalah kesehatan seperti di atas. Demikian ulasan singkat tentang posisi tidur ala Rosulullah. Kunjungi terus  titik-pijat.com untuk mendapatkan info terbaru tentang berita kesehatan terupdate dan terkini. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. semoga kita selalu diberi kesehatan.amiinn..