Minggu, 20 Agustus 2017

Bahaya Sering Menggunakan Tusuk Gigi

titik-pijat.com, 20/08/17 Tusuk gigi banyak dan masih sering digunakan. Menghindari sisa makanan yang tersangkut di sela gigi, banyak orang yang akhirnya sampai menyediakan tusuk gigi di tas mereka.



Image result for tusuk gigi



Dilansir dari KlikDokter, drg. Callista Argentina menuliskan bahwa ternyata tusuk gigi dapat memberikan dampak yang negatif untuk gigi. Terbuat dari kayu dan plastik, keduanya mudah menyebabkan infeksi pada jaringan sekitar gigi. Hal tersebut dikarenakan bentuk tusuk gigi yang tak sesuai dengan anatomi gigi. Hal ini memperbesar risiko gusi rusak. Selain itu, celah di sekitar gigi pun bisa melebar akiba menggunakan tusuk gigi.

Celah gigi yang semakin lebar malah bisa membuat makanan menjadi lebih mudah terselip. Tentu saja hal tersebut malah akan lebih menyulitkan. Selain itu, gigi pun bisa jadi rusak karenanya.Tak sampai sana, pemakaian tusuk gigi yang terlalu sering bisa menyebabkan pembesaran gusi alias epulis fibromatousa, Sering pakai tusuk gigi usai makan? Jika ya, coba kurangi kebiasaan ini. Penelitian menyatakan bahwa tusuk gigi dapat memberikan dampak negatif pada gigi.

Hal ini berlaku untuk tusuk gigi yang terbuat dari kayu maupun plastik. Keduanya sama-sama mudah menyebabkan infeksi pada jaringan di sekitar gigi. Bentuk tusuk gigi juga tidak sesuai dengan anatomi gigi. Ini membuatnya berisiko merusak gusi di sela-sela gigi. Selain itu, penggunaan tusuk gigi yang berlebihan dapat menimbulkan celah di antara gigi, bahkan melebarkannya.

Kemudian, gusi yang semula menutupi sela-sela gigi dapat menurun sehingga memudahkan sisa makanan ‘bertengger’ di area tersebut. Semakin lama celah tersebut akan semakin lebar, karena biasanya sisa makanan yang masuk semakin banyak.

Dengan membesarnya celah gigi, maka permukaan gigi di sisi tersebut akan terbuka. Lama-kelamaan kondisi ini dapat membuat gigi menjadi ngilu. Di samping itu, keseringan memakai tusuk gigi dapat menyebabkan pembesaran gusi atau epulis fibromatousa. Ciri-cirinya adalah berbentuk benjolan lunak berwarna pucat, tidak mudah berdarah, dan tidak sakit.

Epulis dapat disembuhkan dengan pemotongan dan kuret pada gusi. Namun, kondisi ini dapat kambuh jika kebiasaan memakai tusuk gigi tidak dihentikan. Perlu diketahui juga, beberapa jenis makanan memang wajar bila menempel dan tersangkut di antara gigi – misalnya, makanan berserat (seperti sayuran), daging sapi, popcorn, keripik, dan lain-lain. Sehingga Anda tak perlu buru-buru mencongkelnya dengan tusuk gigi untuk membersihkannya.


Image result for menggunakan tusuk gigi



Namun, bagaimana jika semua jenis makanan mudah terselip di gigi Anda? Ini pertanda bahwa gigi Anda memiliki masalah yang harus segera diatasi. Penanganannya bukanlah dengan tusuk gigi, tetapi dengan memeriksakan keluhan Anda ke dokter gigi.

Demikian ulasan singkat tentang Bahaya Sering Menggunakan Tusuk Gigi. Kunjungi terus  titik-pijat.com untuk mendapatkan info terbaru tentang berita kesehatan terupdate dan terkini. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. semoga kita selalu diberi kesehatan.amiinn.